Selamat Datang di Website Partabagsel Bersatu: Wadah Perhimpunan Masyarakat Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Padangsidimpuan, Padang Lawas dan Padang Lawas Utara. HORAS TONDI MADINGIN, SAYUR MATUA BULUNG..

Partabagsel Bersatu Ziarah Ke Makam Pahlawan Dan Pekuburan Mandailing

MEDAN PARTABAGSEL NEWS, 6 Desember - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Parsadaan Tapanuli Bagian Selatan Bersatu (Partabagsel Bersatu) telah melaksanakan ziarah ke makam pahlawan dan tokoh-tokoh Tabagsel di Taman Makam Pahlawan Jl. Sisingamangaraja dan Pekuburan Mandailing di Jl. Brigjen Katamso, Medan, pada hari Minggu, tanggal 6 Agustus. Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan dirgahayu kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 sekaligus untuk memupuk rasa cinta tanah air ini menjadi sebuah momen berarti bagi masyarakat Tabagsel.

Dalam ziarah yang dilakukan, sejumlah makam pahlawan dan tokoh Mandailing telah diziarahi sebagai penghormatan atas jasa-jasa mereka dalam perjuangan dan pengabdian kepada bangsa dan negara. Beberapa nama besar seperti almarhum Brigjen TNI Abdul Manaf Lubis, Letjen TNI Raja Inal Siregar, H. Abdul Halim Harahap, Mayjen TNI (Purn) Marah Halim Harahap, HMY Effendi Nasution, H. Bachrum Jamil, dan tokoh-tokoh lainnya turut dikenang dan dihormati.

Ketua Umum DPP Partabgsel Bersatu, H. Mahmun Syarif Nasution, MAP, menyatakan bahwa ziarah ini memiliki tujuan yang lebih mendalam daripada sekadar penghormatan fisik. Lebih dari itu, ziarah ini adalah sebuah upaya untuk menggelorakan kembali semangat kepahlawanan yang telah diwariskan oleh para pahlawan kepada generasi sekarang. "Momen Agustus menjadi tonggak penting untuk memperingati patriotisme dan semangat juang para pahlawan. Partabagsel Bersatu hadir dengan tekad kuat untuk menghidupkan kembali semangat pengorbanan dan perjuangan yang dimiliki oleh para pahlawan dan ulama asal Tabagsel," ungkapnya dengan penuh semangat.

Mahmun Syarif Nasution juga mendorong generasi muda Tabagsel agar berperan aktif dalam berbagai aspek kehidupan dalam upaya membangun dan mengembangkan daerah. Dia menekankan bahwa generasi muda tidak boleh terlena dan pasif, tetapi harus berusaha meraih kemajuan dan tidak ketinggalan dalam berbagai bidang, sejalan dengan perkembangan di daerah lain.

Partabagsel Bersatu, sebagai organisasi yang baru dibentuk pada 17 Mei 2023, memiliki cita-cita besar untuk mengembangkan dan memajukan potensi sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat Tabagsel di semua tingkatan, mulai dari pusat hingga daerah. Mahmun Syarif Nasution mengungkapkan bahwa upaya ini akan diwujudkan melalui berbagai kegiatan seperti penelitian, pelatihan, mediasi, advokasi, dan diskusi dalam berbagai bidang kehidupan, dengan tujuan akhir untuk mencapai kemajuan yang strategis bagi masyarakat Tabagsel.

Tidak hanya anggota Partabagsel Bersatu yang turut serta dalam kegiatan ziarah ini, tetapi juga mendapatkan dukungan dari tokoh-tokoh penting di daerah. Beberapa di antaranya adalah Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Sumut, Drs H. Syamsul Qamar, anggota DPRD Medan dari Partai Gerindra, Mulia Syahputra Nasution SH MH, Kadis Kelautan dan Perikanan Sumut, Hamdan Sukri Siregar SSos MM, dan Ketua DPP Partai Demokrat Sumut, Muhammad Lokot Nasution.

Ziarah pahlawan ini menjadi simbol penting dari semangat kebersamaan, kecintaan terhadap tanah air, dan tekad untuk melanjutkan perjuangan yang telah dimulai oleh para pahlawan sebelumnya. Partabagsel Bersatu mengambil peran proaktif dalam membangun masa depan yang lebih baik, yang didasarkan pada warisan nilai-nilai kepahlawanan dan semangat cinta tanah air.

: